serba serbi perusahaan listrik negara

Serba Serbi Perusahaan Listrik Negara, Sekolah Kedinasan PLN! – Program Kelas PLN merupakan salah satu program penerimaan mahasiswa baru PENS dengan fasilitas ikatan dinas kerjasama antara PT. PLN (Persero) dengan PENS dalam menyiapkan sumber daya manusia yang sesuai dengan standar kompetensi yang dibutuhkan oleh PT. PLN dengan persyaratan yang telah ditetapkan pada saat proses pendidikan. Program ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA Jurusan IPA, SMK Jurusan yang serumpun dengan Teknik Listrik untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berorientasi pada kemampuan dan keahlian terapan sekaligus mendapat jaminan kerja di PT. PLN (Persero) apabila memenuhi persyaratan IPK lebih dari 2,75 dengan masa studi 6 semester untuk D3 dan 8 semester untuk D4, serta sehat jasmani dan rohani. Pada tahun 2019 dibuka:

Program D3 Kerjasama PLN

Program D4 Ikatan Dinas PLN

Pelaksanaan Kerjasama Pendidikan

  1. Jumlah Peserta yang diikutsertakan dalam Program ini disesuaikan dengan kebutuhan Formasi Tenaga Kerja (FTK) tingkat pendidikan D3 dan D4 PLN
  2. Program Studi yang dilaksanakan adalah Teknik Elektro Industri, dengan konsentrasi Teknik Tenaga Listrik.
  3. Program dilaksanakan selama maksimum 6 (enam) semester dengan beban studi maksimum 120 SKS (untuk D3) dan 8 (delapan) semester dengan beban studi maksimum (untuk D4)
  4. Peserta wajib melaksanakan magang selama 6 (enam) bulan di PLN.
  5. Selama magang peserta mendapatkan uang saku sebesar Rp 850.000,- (delapan ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan dan PENS mendapatkan bantuan Rp 200.000,- (dua ratus ribu rupiah) per peserta.
  6. Peserta wajib menyusun Tugas Akhir (TA) yang berkaitan dengan proses bisnis PLN.
  7. PLN dan PENS menggunakan sistem gugur dalam melakukan evaluasi kepada peserta program.
  8. Tiga peserta dengan prestasi terbaik pada masing-masing jurusan dapat diberikan penghargaan beasiswa oleh PLN.
  9. Besarnya beasiswa yang diberikan seperti yang mimaksud pada ayat 9 pasal ini adalah sebesar Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) yang diberikan pada semester 3 (tiga) atas prestasi semester 2 (dua)
  10. Bea siswa diberikan kepada mahasiswa setiap 1 (satu) semester yang dibayarkan sekaligus yaitu sebesar Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah).
  11. Mekanisme pemberian sebagaimana dimaksud ditransfer langsung oleh PLN ke rekening bank mahasiswa yang bersangkutan.

Selama magang peserta mendapatkan uang saku sebesar Rp 850.000,/bulan peserta dengan prestasi terbaik mendapat beasiswa sebesar Rp. 6.000.000,-/semester, juga disediakan beasiswa bidikmisi.

Persyaratan Saat Pendaftaran:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) lulus SMK Jurusan Teknik Listrik/Elektro dan SMA sederajat bidang IPA
  2. Tahun kelahiran 1999 dan sesudahnya
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
  4. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna total maupun sebagian, tidak bertindik dan bertatto
  5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan dengan disertai Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari Kepolisian
  6. Bebas narkoba dan zat adiktif lain dengan disertai Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) dari Kepolisian atau Rumah Sakit

Persyaratan Setelah Dinyatakan Lulus Ujian

  1. Foto copy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang dilegalisir.
  2. Foto copy hasil Ujian Nasional yang dilegalisir.
  3. Surat Keterangan Dokter yang menyatakan Tidak Buta Warna
  4. Bebas Narkoba, dinyatakan dengan surat keterangan bermaterai dari yang bersangkutan
  5. Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  6. Melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Catatan:

Mahasiswa Program ini setelah lulus pendidikan langsung DITERIMA SEBAGAI PEGAWAI PT. PLN (PERSERO) setelah menjalani DIKLAT PRAJABATAN.

Mahasiswa wajib melaksanakan magang kerja di instalasi milik PT. PLN (Persero).

Terimakasih telah membaca Serba Serbi Perusahaan Listrik Negara, Sekolah Kedinasan PLN!, baca juga Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kamu Tertarik Jadi Mata РMata?