jurusan politeknik STIS

Jurusan Politeknik STIS : Sekolah Tinggi Ilmu Statistika РSekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang cukup favorit di kalangan pelajar. Berdasarkan statistik pendaftar, jumlah peminat STIS selalu mencapai 3 besar nasional setiap tahunnya. Sekolah Tinggi Ilmu Statisik (STIS)  merupakan salah satu sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). STIS merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua yang ada di Indonesia.

STIS beralamat di Jakarta, tepatnya di Jalan Otto Iskandar Dinata nomor 64.c, Jakarta Timur. Pada awal berdirinya, STIS berawal dari Akademi Ilmu Statistik (AIS) pada tanggal 11 Agustus 1958. Waktu itu, AIS menyelenggarakan pendidikan Diploma III dengan dukungan tenaga ahli dari PBB. Saat awal berdirinya, mahasiswa AIS sangatlah sedikit. Hanya berkisar 10 hingga 30 orang. Seiring dengan berjalannya waktu, jumlah peminat AIS semakin bertambah.

Pada tahun 1997, AIS mengalami perubahan dengan mengubah sistem pendidikan yang sebelumnya hanya Diploma III menjadi Diploma IV. Dengan berubahnya program yang dijalankan, maka AIS juga berganti nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Pada tahun ini juga, STIS membuka jurusan yang baru selain statistika, yaitu komputasi statistik.

Jurusan kuliah di STIS secara umum, ada 2 program jurusan yang disediakan, yaitu:

  1. Jurusan Statisika

Jurusan statistika merupakan jurusan yang fokus pada pembelajaran statistik dimana output dari jurusan ini adalah menghasilkan ahli statistik yang handal terutama pada bidang statistik pemerintahan.

Ada dua peminatan pada jurusan statistika, yaitu statistika ekonomi dan statistika kependudukan. Statistika ekonomi merupakan peminatan statistik yang fokus kepada pembahasan penggunaan statistik pada berbagai model dan ilmu ekonomi. Statistika kependudukan adalah peminatan statistik yang fokus kepada penggunaan statistik pada bidang kependudukan dan sosial.

  1. Jurusan Komputasi Statistik

Jurusan komputasi statistik merupakan jurusan yang fokus pada pembahasan pemrograman dalam bidang statistik. Mahasiswa pada jurusan ini diharapkan akan menjadi ahli teknologi informasi yang handal dalam membuat program dan pengolahan berbagai data statistik.

Komputasi statistik merupakan jurusan yang sangat menarik di STIS. Bisa dikatakan, jurusan ini sangat cocok untuk mereka yang ternyata tidak menyukasi statistik dan ingin mempelajari hal lain.

Berbicara jurusan, hanya itu yang bisa anda pilih jika tertarik dengan STIS. Tetapi, ada 3 program pendidikan yang bisa anda pilih saat mendaftar di awal.

  1. Program pendidikan Diploma IV Statistika

Program ini merupakan program pembelajaran selama 4 tahun dimana mahasiswa akan fokus belajar statistik. Pada program inilah terdapat peminatan ekonomi atau kependudukan. Program ini hanya khusus untuk calon mahasiswa yang menempuh jurusan IPA sewaktu SMU. Lulusan pada program ini akan menjadi CPNS dengan pangkat dan golongan III/a (penata muda).

  1. Program pendidikan Diploma III Statistika

Sedikit berbeda dengan Diploma IV, program Diploma III merupakan program pembelajaran selama 3 tahun dimana mahasiswa akan fokus belajar statistik. Tidak ada peminatan apapun disini jadi mahasiswa hanya fokus kepada mata kuliah yang sudah disiapkan. Program ini hanya khusus untuk calon mahasiswa yang menempuh jurusan IPA dan IPS sewaktu SMU dan hanya tersedia untuk beberapa provinsi. Lulusan program ini akan menjadi CPNS golongan II/c (pengatur).

  1. Program pendidikan Diploma IV Komputasi Statistik

Program ini merupakan program pembelajaran selama 4 tahun dan mahasiswa akan fokus kepada pembelajaran statistika dan teknologi informasi. Program ini hanya khusus untuk calon mahasiswa yang menempuh jurusan IPA sewaktu SMU.

Sekian artikel tentang Jurusan Politeknik STIS : Sekolah Tinggi Ilmu Statistika, baca juga Bimbel STIS Jogja : Sekolah Tinggi Ilmu Statistika Termurah dan Terbaik dan Bimbel Sekolah Kedinasan Jogja Terbaik dan Termurah